Pages

Wednesday 1 July 2009

Mbah Surip, Gendong dan Politik Indonesia

Mbah Surip, orang tua berambut gimbal dengan gaya Bob Marley pertama kali ketemu tiga tahun lalu di sebuah acara Kenduri Cinta nya Emha Ainun Nadjib, di Taman Ismail Marzuki. Saat itu dia menjadi salah satu pengisi acara pembuka, saat itu dia sudah menyanyi lagu yang sekarang ngetrend ini " tak gendhong ke mana mana"...saat itu lagunya agak sedikit berkonotasi guyon jorok sih hehehhehe. Di sebuah sela acara dia beli jajanan di depan TIM yang emang banyak sekali warung warung saat malam hari. Saya tergerak hati menyapanya (sebelumnya saya udah baca kalau dia dari kampungku, Mojosari).

"Mbah piye kabare, aku arek Mojosari"
"kabarku apik, oh iyo, arek arek mojosari iku karo Cak Nun manggung. Awakmu nang endi?"
"aku nang jakarta pusat, Kenari"
"oh iyo....hahahhaha"


Setelah itu karena sedikit ada kevakuman dari acara kenduri cinta plus pindahnya tempat tinggal saya ke Bogor membuat saya harus tidak bisa mengikuti acara kenduri cinta, tentunya tidak bisa bertemu lagi dengan penyanyi ikon Kenduri Cinta ; Mbah Surip.


Nah apa yang sama dengan politik?
Begini. Seorang sufi di sebuah pegunungan bilang ke saya pada sebuah kesempatan yang berulang-ulang dan bertahap (artinya tidak sama hari-harinya) :

"aku mimpi meggendong Ibuku yang meninggal dan sampai ke tempat tujuan"
"artinya apa pak?"
"artinya membantu seorang mantan Presiden yang sudah dianggap mati dalam perpolitikan untuk sampai pada kursinya"
selang berapa bulan ...

"aku mimpi menggendong seorang anak bayi yang nangis, kubilang ini semua adalah dari Allah SWT. dan akhirnya anak itu diam"
"artinya apa pak?"
"seorang yang baru menginjak perpolitikan tertindas oleh keadaan dan hatinya menangis, dan dia harus sabar apabila ingin lulus ujian"

Dengan segala kegalauan untuk mencoba mengerti, aku ingat Mbah Surip, apalagi saat kemarin Mbah Surip menghadiri acara Mega Prabowo di Senayan. Tak gendong kemana-mana....hahahhaha i Love u full.....

Semoga yang digendong tidak semakin berat melangkah dan tetap berpegang erat pada sebuah tali yang kuat. apa itu?

hahahahah i love u full....

No comments:

Chatt Bareng Yuk


Free chat widget @ ShoutMix