Pages

Tuesday 5 August 2008

Bintang Misterius Di langit jakarta

Berita di detik.com cukup asyik disimak, iya sebuah cerita langit bak kisah pecahnya krypton ke bumi kembali muncul di hadapan manusia bumi. Cerita tersebut seperti ini :
Anda menemukan cahaya misterius pada Minggu (3/8/2008) dini hari? Cahaya itu terdiri dari delapan titik dan bergerak-bergerak di atas kawasan Ciledug, Tangerang dan Jakarta.

Marcus Ngarbingan, warga Jalan Pondok Raya Pesanggrahan, Jakarta Selatan menceritakan, dirinya saat itu mengetahui adanya cahaya itu setelah dibangunkan anaknya, Calvin.

Dalam surat elektroniknya yang diterima detikcom, cahaya itu mulai terlihat sekitar pukul 01.00 WIB. "Sekitar jam 1 tengah malam, saya dikejutkan dan dibangunkan oleh putra saya Calvin ingin masuk kamar untuk mengambil kamera. Katanya dia dan teman-temannya melihat penampakan di udara," kata Marcus.

Lantas, Calvin mengajak Marcus ke lantai atas untuk melihat penampakan 8 cahaya terbang seperti bintang kecil-kecil, kelap-kelip. "Cahaya itu terang sekali. Diperkirakan jarak penampakan pada waktu pertama anak saya melihat sekitar 100-500 meter ke arah selatan. Berada diatas wilayah sekitar Deplu Ciledug, Tangerang," ujar dia.

Saat Marcus menyaksikan ke langit, cahaya tersebut berada dalam formasi dua-dua. Total ada 8 titik cahaya. Kedelapan cahaya itu bergerak-gerak, kadang menjauh, kadang mendekat. "Saat saya lihat, delapan titik cahaya itu sedang menjauh dan mulai meredup cahayanya dengan kekuatan cahaya 2-5 Watt. Kami melihat cahaya nya sekitar 2-3 menit kemudian lenyap," cerita Marcus.

"Anak saya girang sekali setelah ketegangannya hilang dapat menyaksikan penampakan tersebut karena sesuatu yang indah baru saja dia saksikan," tulis Marcus di akhir emailnya.

Tidak hanya Marcus yang melihat penampakan cahaya itu. Seorang warga juga melihat 8 cahaya itu dan telah memposting kesaksiannya di sebuah forum. "Terlihat 6-8 cahaya tak dikenal di langit Jakarta, melayang dalam satu kelompok. Beberapa berkelip, yang lain tidak," tulis dia.

Dia memperkirakan penampakan cahaya itu sekitar pukul 00.45 WIB, Minggu (3/8/2008) di atas Kompleks Bumi Pesanggrahan Mas, Ciledug. Dia sempat merekam penampakan cahaya itu dengan HP Sony Ericsson K850i dan telah mempostingnya di youtube.


Di daratan Asia yang masih kental tentang nalar magisnya (di belahan eropa dan amerika juga?) bisa jadi hal ini memiliki makna yang bermacam-macam. Mulai dari pemaknaan politis hingga ilmiah pasti ditanggung akan menjadi dagangan bak pisang goreng apabila diketengahkan di sebuah forum.

Apakah saya tergolong percaya magic?saya tidak bisa menjawabnya benar atau ya. Yang pasti saya mencoba tidak mendahului kehendak sang kuasa, karena apabila benar saya takut menjadi sombong, dan apabila salah, pastinya saya punya beban moral bagi orang-orang yang mempercayainya.

Setidaknya saya selalu bertanya tentang makna melalui agama yang saya anut serta juga rujukan ilmiah dari banyak ilmuwan. Kembali ke masalah bintang yang berada di atas jakarta, saya pun mendapatkan pelajaran dari seorang mursyid sebagai berikut :

(Al Mulk:16)
Apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang (berkuasa) di langit bahwa Dia akan menjungkir balikkan bumi bersama kamu, sehingga dengan tiba-tiba bumi itu bergoncang?,

(Al Mulk:17)
atau apakah kamu merasa aman terhadap Allah yang (berkuasa) di langit bahwa Dia akan mengirimkan badai yang berbatu. Maka kelak kamu akan mengetahui bagaimana (akibat mendustakan) peringatan-Ku?

(Al Mulk:18)
Dan sesungguhnya orang-orang yang sebelum mereka telah mendustakan (rasul-rasul-Nya). Maka alangkah hebatnya kemurkaan-Ku.


Semua kejadian pasti ada hikmahnya, pastinya itu bergantung atas tafsiran kita masing-masing tentang kejadian tersebut dan juga pula reaksi positif dari hal-hal yang dijadikan pertanda.


No comments:

Chatt Bareng Yuk


Free chat widget @ ShoutMix