Pages

Monday 10 March 2008

KONGKOW BARENG GUS DUR: Chasbullah dan Pribumisasi

Oleh KH. Abdurrahman Wahid
Beberapa puluh tahun lalu penulis artikel ini mengikuti upacara penguburan Kiai Husni. Semuanya menunggu kedatangan KH M Bisri Syansuri yang diperkirakan naik becak ke tempat penguburan. Begitu sampai, dia ditanya siapa yang akan memimpin talkin bagi Kiai Husni itu. Dia menjawab: kalau. ada, Chasbullah Salim saja yang melakukan itu. Nama yang disebut terakhir adalah saudara sepupunya dari Lasem.

Lantas, secara bersama-sama semua kiai dan para pelayat berangkat ke kuburan. Segera saja almarhum Kiai Husni dimakamkan dan kuburnya ditimbun dengan tanah. Para kiai jongkok mengitari kuburan, termasuk KH M Bisri Syansuri. Ketika Kiai Chasbullah Salim diminta memimpin talkin, Kiai Chasbullah menyatakan sesuatu di luar dugaan. Dia menyatakan:.tidak akan membacakan talkin dalam bahasa Arab karena almarhum Kiai Husni lebih fasih berbahasa Arab. Juga, dia nyatakan bahwa talkin itu tidak penting bagi orang yang sudah mati, tapi justru penting bagi mereka yang' masih hidup-kalau mereka nyatakan, Islam adalah agamaku, Allah adalah Tuhanku, Muhammad adalah nabiku. Hal itu adalahbentuk keberanian Kiai ChasbullahSalim dalam hal pribumisasi Islam. Dia seharusnya memahami bahwa penggunaan bahasa Arab di negeri kita dianggap sebagai ekspresi keislaman.
Hal ini tampak dalam sajian "Iagu-lagu' Arab", yang di negeri kita dianggap "lagu Islam". Identifikasi bahasa Arab sebagai "bahasa Islam" itu membuat orang mengasosiasikan Arab sebagai ajaran agama. Padahal, di negerinya sana, bahasa Arab tetap dianggap sebagai bahasa saja, .tidak terkait dengan agama manapun. Pribumisasi yang dilakukan Kiai Chasbullah Salim itu sebenarnya sudah ratusan tahun dijalani oteh kaum muslimin di negeri ini. Namun, "desakan" peradaban Barat atas kaum muslimin di seluruh dunia mengakibatkan kaum muslimin itu memandang penting penggunaan bahasa Arab sebagai ekspresi keagamaan mereka.
Pribumisasi yang dilakukan Kiai Chasbullah Salim itu merupakan bagian dari proses modemisasi yang tengah berjalan dengan pesat di seluruh dunia. Namun, akar-akar dari proses itu terhunjam sangat dalam di hati kaum muslimin. Mereka tidak suka dengan proses modemisasi model peradaban Barat. Apalagi, kalau hal itu disertai perubahan besar dalam moralitas kaum muslimin selumh dunia. Padahal, ini adalah apa yang tengah berlangsung di kalangan kaum muslimin yang begitu banyak jumlahnya.
Karena itu, responsi fatalistik di kalangan mereka mengambil bentuk sikap anti-Barat. Dalam memberikan responsi seperti itu, ternyata juga tidak sarna manifestasinya clari tempat ke temp at di negeri kita. Inilah apa yang harus dUngat dalam memahami sejarah kaum muslimin di negeri ini sekarang. Reaksi yang diperlihatkan umat Islam di negeri ini, pada waktu ini menampilkan bentuk yang tidak sama.
Ada yang menjadikan tantangan dari luar itu sebagai kambing hitam, bagi apa yang dilakukan kaum muslimin di negeri ini. Seperti terlihat di kalangan sementara gerakan Islam di uegeri ini, perubahan lalu dianggap sebagai tanda kemunduran. Mereka lalu mengemukakan keunggulan peradaban Islam atas peradaban-peradaban lain. Hal ini tampak antara lain dalam seruan menegakkan pemerintahan khalifah (khilafah) di negeri kita oleh sebuah gerakan Islam, Hizbut Al- Tahrlr Indonesia (HTI), tanpa menyadari bahwa tidak ada kewajiban maupun perintah-perintah lain dalam ajaran agama Islam.
Dengan memahami proses-proses seperti itu, akan kita ketahui bagairnana responsi kaum muslirnin di negeri kita terhadap apa yang mereka rumuskan sebagai tantangan dari luai terhadap kaum santri. Responsi yang tidak sarna bentuknya maupun kadarnya di tiap tempat yang berbeda-beda, tentulah harus kita ingat.
Hal ini mengharuskan kita untuk mempelajari agama Islam dalam dua bagian, yaitu studi klasik ajaran Islam dan studi kawasan (area studies )yang sekarang sudah menjadi begitu luas jangkaunya. Kesernuanya itu dilihat dari sebuah kacamata saja, yaitu kepentingan apa yang dinamakan urnat Islam. Tetapi ia dapat juga dilihat sebagai langkah pembanding yang dilakukan oleh sementara kalangan kaum santri.
KH. Abdurrahman Wahid, Ketua Umum Dewan Syuro DPP PKB (sindo, 3/3/2008)

No comments:

Chatt Bareng Yuk


Free chat widget @ ShoutMix