Pages

Tuesday 19 February 2008

Detikforum, Sebuah teror psikologi yang indah

Ketika pertama kali bertemu dengan produk baru detik forum, kesan saya adalah ini pasti rubrik interaktif komunitas pembaca setia situs detik.com yang mencoba untuk kurang lebih meniru situs kaskus.com. Namun yang lebih menarik bagi saya adalah ketika saya mencoba masuki dan membaca isi detikforum pertama kali di thread gosip tentang selebriti yang berhubungan dengan narkoba yang diposting oleh inisial Ny. BT sungguh membuat saya waktu itu tercengang. Bagaimana Ny. BT dengan list dan keterangan-keterangan menempatkan sejumlah artis beken sebagai daftar penikmat, pengonsumsi dan broker Narkoba. Sebuah media yang benar-benar membuka berita yang dilontarkan bukan oleh wartawan dan langsung ditulis oleh pembaca membuat bahasa lebih singkat dan tidak membosankan untuk dibaca.

Akhirnya saya mencoba untuk register ke dalamnya dengan ID Zetya1. Saya mencoba mengikuti gaya penulisan seperti rekan-rekan di thread ini. Ya santai dan kadang juga berdiskusi mengenai tema-tema yang tersaji. Yang saya senangi adalah politik, surabaya, love, sepakbola dan tentunya gosip (yang satu ini saya hanya sebagai pembaca karena menu thread yang lucu-lucu).

Kejadian menarik dan sedikit membuat saya berpikir keheranan terjadi pada Jumat, 15 Februari 2008 dimana saya posting di rubrik ”ipar SBY banyak yang menjadi pejabat” ketika itu saya berposting begini ”Tradisi di Indonesia adalah mirip semacam kongsi china. Menurut mochtar lubis, sosiolog, bangsa indonesia tergolong munafik, sehingga sulit untuk bersikap profesional. Hal inilah yang mendasari sikap beberapa elit. Misal SBY menempatkan kakak ipar sebagai ketua umum Partai Demokrat, Megawati dengan menempatkan suami sebagai dewan pembina PDI, Gus Dur dengan menempatkan anaknya menjadi sekjen PKB, dan lain-lain. Tetapi hal itu juga memungkinkan dikarenakan faktor kepercayaan dan komunikasi politik yang dimaui oleh yang bersangkutan. Namun jika sudah masuk ranah militer seharusnya hal itu tidak dilakukan,karena hal ini sangat merusak tatanan militer yang seharusnya independen dan tidak bersinggungan dengan partai politik.”. Namun ternyata postingan tersebut ditimpali dengan nada keras, dan akhirnya debat kusir yang kurang pantas dan sedikit teroris dari ID uniquepro berlanjut agak lama dan dia juga dibantu oleh ID Seageat. Karena menurut saya diskusi sudah tidak sehat maka saya mencoba untuk keluar dan membuat salam perpisahan di thread ini. Aku pun beralih untuk menulis di thread lain dan bergabung dengan komunitas detikforum yang lain.

Pada Senin, 18 Januari 2008 saya penasaran dan membuka detikforum dengan thread judul diatas. Nah ternyata saya menjumpai biografi saya dibeberkan di thread ini (tanpa ada permisi sebelumnya) ditambah dengan komentar yang sangat mengecewakan dari ID uniquepro. Memang sebelumnya saya beri signature di account detikforum milik saya : Salam Damai, lisnosetiawan.blogspot.com, tujuan agar kita bisa melakukan site exchange dan dapat bersilaturahmi antar anggota. Ternyata tidak sampai disitu, ketika saya membuka blog saya dan saya baca sebuah komentar begini bunyinya ” Saya baca postingan anda di DF memalukan orang Jawa Timur saja anda.........ingat anak istri anda anda sudah melempar fitnah” aku pun membalas di detikforum saya kirim private messagenya dan meminta maaf ” alam,

Sebenarnya saya gk pernah melemparkan fitnah, data-data tsb adalah dari potongan pembicaraan zaenal maarif yang saya dapat dari jenderal purn M di kalibata rumahnya. (tentang hal private SBY, itu gk penting bagiku)

Saya tidak ada niatan untuk mencari keuntungan di dunia politik karena saya bisa hidup tanpa di dunia politik. Cuma saya hanya kasihan melihat banyak orang yang miskin di daerah jawa timur (saya tahu karena sering bolak balik jakarta mojokerto). Berapa juta saya habis demi rakyat jelata yang termaginalkan kebijkan publik (penggusuran sawah menjadi lahan industri dengan tanpa melihat faktor ekonominya).

Perjuanganku tidak bisa saya tuliskan disini. Saya telah berjuang untuk Bapak SBY, aku telah hampir mati membendung strategi mega pada pemilu kemarin (tanya ke Bpk Hayono Isman "apakah pernah ada orang yang berbicara tentang "High magical politic" atas nama Bambang Agus H. Tapi mengapa SBY mau dipermainkan oleh aburizal bakrie dan jusuf kalla. Lihat contoh jelas Lumpur Lapindo. Surat, berpuluh-puluh surat tanpa ada balasan ke SBY. Padahal demi Allah saya tidak ada cari duit seperserpun dari politik.

Jika anda mau todongkan pistol dan bunuh saya, siap sangat siap. Anak istri saya urusan Allah. Alamat saya dan HP lengkap. Tapi cuma satu, nasib rakyat tolong diperhatikan.

Mohon maaf jika kata-kataku kasar
__________________
Salam Damai,
http://lisnosetiawan.blogspot.com

Tetapi ternyata ID uniquepro tidak bisa sekedar bersilaturahmi dan meminta maaf. Namun saya dapat memakluminya dan memaafkannya dan berdoa semoga dia diberi pencerahan untuk melakukan hal tersebut.

Kurang lebih satu menit saya search ke index di thread Politik : Tokoh, dimana nama-nama semua tokoh politik ada disitu, kok ada yang aneh pikirku. Ternyata memang benar, di list tersebut nama SBY tidak tercantum lagi. Dan saya pun cari di thread politik lain yang memuat tema tentang SBY, dan memang hilang semua. Saya tidak mengerti apakah ada kesalahan teknis dari administrator atau apa. Tapi memang demikianlah yang telah terjadi. Demi menghilangkan perasaan curiga atau hal yang tidak-tidak, akhirnya saya pun tidak lagi memusingkan tentang hal tersebut lagi. Dan akhirnya dalam hatiku hanya berkata ”oh sungguh ternyata detikforum adalah sebuah teror psikologi yang indah”.

No comments:

Chatt Bareng Yuk


Free chat widget @ ShoutMix